Jumat, 26 Desember 2014

[B.Jepang] Jiko Shoukai (自己紹介)

 Gue cuma nemu foto ini di internet

  Yoooo semuanya! Leaper kembali lagi bersama kalian. Siap belajar bahasa Jepang? Belum? Bagus! Sudah? Bagus!

Kali ini kita akan belajar tentang perkenalan diri alias jiko shoukai (自己紹介). Oke, gue tau pasti ada beberapa dari kalian yang protes kenapa gue udah langsung menulis pakai kanji dan kenapa juga harus perkenalan duluan.

Gue gak akan jawab kenapa gue langsung menyertakan hiragana, katakana, dan kanji di post ini. Seiring waktu ketika kalian belajar bahasa Jepang  nanti kalian akan tau sendiri. Kenapa harus perkenalan duluan? Jawabannya kenapa tidak? (Halah...)

Karena perkenalan adalah hal yang paling penting ketika kalian baru bertemu seseorang (untuk pertama kalinya) dan akan segera mengajaknya berbicara. Maksud gue gak mungkin kan kalian langsung asal datang menghampiri orang yang kalian gak kenal lalu langsung bilang "Bro, apa kabar vrooooh? Gimana kabar si Edi? Si Mumun udah kawin belom? dll". Kalau kalian gak langsung digampar sama orang tersebut, maka kalian akan digampar sama security... *ngelus-ngelus pipi* sakit bro.

Sebenarnya sih ada yang lebih penting daripada perkenalan. Yaitu; "bertanya dimana letak kamar mandi" tapi gue gak akan bahas itu sekarang... Oke mungkin gue gak akan bahas itu nanti. Oke, back to topic! Ayo kita belajar! 



************
Jiko Shoukai
Perkenalan!

  Oke, pertama-tama. Kita semua tau (atau tidak tau) kalau tiap-tiap negara memiliki cara memperkenalkan diri yang khas. Kalau di Jepang, cara memperkenalkan diri dimulai dari mengatakan :

Hajimemashite (はじめまして)

Hajimemashite sendiri jika di Indonesiakan bisa diartikan sebagai "Salam kenal". Kalau Inggrisnya sih, "Nice to meet you".

Setelah mengucapkan hajimemashite, selanjutnya kita akan memperkenalkan diri. Memperkenalkan diri disini maksudnya adalah seperti memperkenalkan nama, asal, kebangsaan, hobi, pekerjaan, jumlah selingkuhan berapa, berapa banyak photopack yang kalian punya, dll. Hahaha, gue cuma bercanda di bagian jumlah selingkuhan dan photopack. Contoh dari memperkenalkan diri yang paling mainstream salah satunya seperti ini :

  Watashi wa Leaper desu (私はLeaperです)
  Indonesia-jin desu (インドネシアじんです)
  Yoroshiku onegaishimasu! (よろしくお願いします)

Biar gue jelasin satu per satu Sob.

  Watashi (私) = saya

  wa (は) = wa disini berarti partikel penanda subjek. Nanti akan dibahas pada post lainnya.

  Indonesia-jin (インドネシアじん) = Indonesia-jin berarti orang Indonesia. Supaya gampang diingat, kalau kalian ingin bilang kewarganegaraan kalian maka hanya hanya tinggal menyebut nama negara lalu ditambahkan -jin di belakangnya. Sementara kalau bahasa, hanya tinggal mengganti -jin dengan -go. Misal; Indonesia-go (bahasa Indonesia), Indonesia-jin (orang Indonesia)

  desu (です) = adalah kopula. 'nuff said

  yoroshiku onegaishimasu (よろしくお願いします) = Bisa diartikan sebagai sengan bisa berkenalan dengan kalian (atau kalau di beberapa subtitle anime biasanya muncul sebagai "mohon bantuannya")

Setelah selesai memperkenalkan diri, jangan lupa akhiri dengan ojigi. Ojigi adalah hormat ala Jepang (itu lho, yang membungkukan badan).

Mari kita rangkum apa yang ada di atas :

  Hajimemashite!
  Watashiwa Leaper desu.
  Indonesia-jin desu.
  Yoroshiku onegaishimasu!

Gimana? Itu adalah salah satu perkenalan paling singkat (dan paling mainstream di internet). Semoga post ini memberikan kalian gambaran kasar tentang cara memperkenalkan diri.

See you on the next post!

2 komentar:

  1. KAya nya harus private bahasa jepang ma kmu deh
    hehe


    http://andrianryudo.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahaha, aku sendiri baru belajar b.Jepang Sob.
      Mohon bantuannya!

      Hapus