Sabtu, 23 Maret 2013

[Sekedar Menulis] Leaper pengen menulis ; Stick Empires dan Stick War II


Halo Readers!

  Kembali lagi bersama gue, Green Leaper! penulis yang selalu disangka sebagai setan di malam hari (Yoi, gue udah pernah disangka sebagai setan. Serius!). Kali ini, gue pengen menulis sesuatu nih.

Sebelum gue mulai, beberapa Sobat Readers mungkin belum pernah dengar tentang Stick Empires dan Stick War II : Order Empire. Jadi, gue rasa pasti ada beberapa readers sekarang lagi bertanya "Apa sih Stick Empires dan Stick War II : Order Empire itu?".


  Oke, berhubung gue adalah orang iseng yang baik, gue bakal ngejawab pertanyaan itu (dengan terpaksa).

Jadi, Stick Empires itu adalah game browser flash multiplayer online sedangkan Stick War II : Order Empire adalah game singleplayer dari Stick Empires yang berfungsi sebagai lanjutan cerita dari seri sebelumnya, yaitu Stick War. Pada dasarnya kedua gamenya sama hanya saja satunya adalah multiplayer dan satunya lagi singleplayer.

  "Jalan cerita Stick War II dan Stick Empires gimana nih Leaper?"

Begini, pada Stick War I, bangsa bernama Order telah mempersatukan seluruh bangsa yang ada di Inamorta. Tapi beberapa tahun kemudian, bangsa-bangsa yang telah dipersatukan memberontak melawan Order karena kepimpinan Order yang ditaktorial. Semua bangsa-bangsa itu memisahkan diri mereka. Alhasil, hal ini sukses membuat Order menjadi lemah. Kini, Order harus sekali lagi mempersatukan bangsa-bangsa. Tapi awas ya, ada musuh baru dan bangsa-bangsa Inamorta tidak akan mampu menghadapi musuh baru ini sendirian.

  "Oh, begitu... Trus inti dari gamenya apa?"

Nah, inti dari gamenya adalah menghancurkan patung musuh. Simple banget kan?

Sekarang gue bisa mulai menulis game karya Crazy Jay dan timnya ini. Gue gak bakal bahas segala sesuatu secara lengkap karena sudah ada guidenya yang lengkap DI SINI

Gue di sini hanya menjelaskan sedikit hal dengan gaya bahasa gue aja dan menambah sedikit komentar dari gue.

**
Gold, Mana, Population:

  Gue bakal bahas sedikit aja tentang Gold, Mana dan Population.

Gold adalah sumber daya uang di dalam game.
Cara paling mainstream mendapatkannya adalah menyuruh Miner menambang tambang emas yang ada. Setelah gold ditambang, Miner harus kembali ke gerbang markas untuk mendepositokan Gold yang ada di kantongnya.
Cara kedua adalah meng-research teknologi "Passive Income", ini bakal ngasih sobat readers sedikit gold dan mana per detik.
Cara terakhir buat dapetin Gold adalah meng-capture menara yang ada di tengah peta. Menara itu akan memberi sobat readers 20 Gold setiap beberapa detik selama menara itu di bawah kendali Sobat Readers.

Mana adalah sumber daya (juga).
Cara dapetin yang paling mainstream adalah menyuruh Miner berdoa di patung.
Cara lainya adalah meng-research "Passive Income", ini ngasih sobat readers Gold dan Mana. "Mana" juga dipakai ketika unit mengaktifkan abilities, Jadi Mana juga tergolong penting.

Population sebenarnya bukan sumber daya.
Itu lebih ke arah pembatas berapa banyak unit yang sobat readers bisa buat. Populasi dihitung dari unit-unit yang ada di medan pertempuran dan sementara dilatih.
Batas Populasi (setahu gue) adalah 80. 
Populasi bakal turun kalo ada unit sobat readers yang mati dan akan naik jika ada unit yang sementara dilatih atau sudah ada di medan pertempuran
Contohnya kayak gini :
Swordwrath perlu 1 populasi. Berarti sobat readers bisa buat 80 Swordwrath di medan pertempuran. Jika 2 swordwrath gugur (dengan heroik), maka jumlah populasi yang tadinya 80 bakal berkurang 2.
Alhasil, sekarang sobat readers punya 78 populasi. Kemudian sobat readers ingin melatih Shadowrath yang memerlukan 3 populasi. Namun karena 78 + 3 = 81 dan batas populasi maksimum adalah 80, maka Shadowrath tidak akan dilatih.
Gimana? Ngerti kagak nih? Soalnya gue parah dalam hal menjelaskan yang satu ini.

  Nah, sebelum gue ngelantur kayak macan yang lagi galau karena belum makan siang. Mending kita langsung bahas unit-unit yang ada. Pertama, Gue akan bahas unit-unit yang ada di pihak Order.


Order Empire

 Order adalah bangsa yang mempersatukan seluruh Inamorta pada event Stick War I. Pada event Stick War II, Order harus kembali mempersatukan seluruh bangsa-bangsa lagi setelah mereka memberontak. 

Catatan : Semua gambar gue ambil dari guidenya. Biar rame dikit lah.




Miner

  Miner adalah satu-satunya unit ekonomi yang ada di seluruh seri. Fungsi para Miner adalah mengumpulkan "Gold" dan "mana". Jangan anggap remeh mereka lho! Tanpa miner, sobat readers bakal menderita sepanjang game. Miner bisa menyerang tapi damagenya terlalu kecil. Tau enggak? Unit-unit yang terbang anehnya tidak bisa terbang melewati tembok yang ada di tanah dan ada yang bilang kalo Miner bisa disuruh untuk berdoa di patung milik musuh.

Komentar gue : Miner itu penting banget coy. Biasanya mereka jadi target utama.


Swordwrath
Swordwrath adalah unit paling murah dan berpangkat rendah di Order. Mereka ini memang tidak terlalu kuat tapi jika digunakan dalam jumlah besar seperti mahasiswa yang mau tawuran, maka Swordwrath adalah suatu mimpi buruk terutama kalo mereka memakai kemampuan "Rage". Swordwrath biasanya paling populer di awal permainan.

Komentar gue :
Di awal permainan, gue sering memakai mereka. Mereka memang gak terlalu kuat sih, tapi lumayan kalo barisan depan perlu sedikit support.


Archidon
Archidon adalah unit pemanah Order. Archidon memang memiliki health bar yang tipis banget (1 Health bar), ini berarti mereka gampang mati dalam pertempuran. Jadi, usahakan mereka selalu di barisan belakang. Pakai unit lain yang lebih "tebal" untuk menerima serangan musuh. Gunakan mereka dalam jumlah besar biar greget...eh, maksudnya... biar efektif

Komentar gue :
Mereka gampang mati karena mereka itu "tipis". Tapi damage yang mereka beri juga lumayan lah. 1-2 Archidon gak bakal cukup. Menurut gue, jumlah paling minimum biar mereka bisa melampiaskan efektivitas mereka itu sekitar 6.


Meric
Meric adalah unit support di Order. Mereka bisa dianggap sebagai medis di dalam game. Merics mempunyai 2 ability ; "Heal" dan "Cure". 

Komentar gue :
Sebagai petugas medis yang lambat, gue pingin tabokin mereka pake lemari. Tapi berhubung mereka bisa meng-heal unit-unit barisan depan dan menyembuhkan unit dari racun maka gue urungin niat gue.


Magikill
Magikill adalah unit penyihir untuk Order. Mereka lambat dan mahal. Tapi kemampuan dari Kakek-Kakek ini tidak boleh diremehkan begitu saja. Mereka bisa menghabisi sebagian besar unit-unit musuh dengan spell-spell (sihir-sihir) mereka yang ampuh.

Komentar gue :
Kakek-kakek gokil ini walaupun mereka mempunyai spell yang kuat, mereka mempunyai basic attack yang benar-benar kecil. Lagipula, setiap spell mempunyai range tersendiri. Jadi mereka kadang-kadang harus maju ke barisan depan buat mulai mengeluarkan jurus maut mereka. Alhasil, mereka sukses mati karena begitu banyak hal-hal buruk yang terjadi di barisan depan

Speartons 
Speartons adalah kebanggaan dari Order (dan mungkin seluruh Inamorta). Mereka benar-benar tebal, kuat, dan (entah bagaimana) bisa berlari lebih cepat daripada Swordwrath dan Archidon walaupun Speartons mempunyai armor yang lebih berat (sakti kan?).

Komentar gue :
Ketika kondisi keuangan sudah memungkinkan, gue biasanya memakai mereka di mana-mana (termasuk di dapur gue). Speartons adalah unit barisan depan favorit gue. Mereka begitu tebal dan begitu kuat.


Shadowrath 
Biasa dijuluki Ninja/Assassin oleh para pemain. Shadowrath adalah unit tercepat di game dan benar-benar sangat ahli dalam membunuh dan mengintai. Memang mereka tidak setebal Speartons tapi Shadowrath mempunyai skill yang disebut "Fixate" (atau disebut juga "Fury"). Skill ini membuat setiap kali Shadowrath menyerang target yang sama, damage akan terus-menerus meningkat sampai 5x.

Komentar gue :
Kemampuan Shadowrath benar-benar membuat gue ngeri. Gue rasa para pemain Chaos pun akan sakit kepala melihat kehadiran Shadowrath yang dengan gampang membunuh Medusa dan Marrowkai sebelum semua unit sempat bertindak. Bahkan ketika Shadowrath berlari, kecepatan mereka hanya bisa ditandingi oleh Bomber dan Crawlers.


Flying Crossbowman/Albowtross 
Angkatan udara Order. Mereka mempunyai crossbow. Crossbow memberi lebih banyak damage tapi mempunyai range yang lebih pendek daripada bow yang dipakai oleh Archidon.

Komentar gue :
Saingan berat dari Eclipsors (Chaos). Dari harga, Eclipsors memang lebih murah 50 gold dan mana selain itu Eclipsors juga lebih cepat. Tapi Flying Crossbowman punya upgrade pasif "Fire Bolts", sebuah upgrade pasif yang membuat mereka menembakan panah api dengan damage yang lebih kejam.



Enslaved Giant 
Para raksasa-raksasa yang ditangkap dan dipaksa untuk bekerja untuk Order. Mereka sudah mempelajari cara melempar (bongkahan) batu yang besar pada musuh.

Komentar gue :
Walaupun mereka lambat dan mahal (1.500 Gold), Enslaved Giants merupakan unit yang paling tebal (dan paling besar) di Order. Apalagi mereka mempunyai serangan ranged yang bisa menyebabkan siapapun yang terkena serangan mereka menjadi "stunned".



 Nah, sekian untuk Order Empire. Sekarang kita beralih ke Chaos Empire! Cabot!


Chaos Empire 
Jujur, sebenarnya gue sendiri belum pernah main sebagai Chaos Empire (karena harus bayar kalo mau main sebagai Empire satu ini). Jadi, mungkin untuk satu ini... bakal lebih suram... yah, lanjut aja gue lanjutin aja. Demi Sobat Readers (yang masih bertahan buat membaca ini)!


Enslaved Miner
Orang-orang yang diperbudak oleh Chaos Empire. Mereka dipaksa bekerja untuk Chaos Empire. Pada dasarnya, mereka sama saja dengan unit Miner dari Order.

Komentar gue:
Galau banget gue kalo ngeliat mereka. Udah kena kerja rodi, mereka juga dibunuh oleh musuh. Kasian banget nasib mereka. Oh, Enslaved Miners hampir sama dengan Miners dari Order. Yang membuat mereka berbeda adalah Enslaved Miners membuat Turrets daripada Walls.

Crawler
Sejenis hewan yang menyerang dengan cakar mereka. Mereka cepat, mereka lemah, dan mereka murah.

Komentar gue :
Sama dengan Swordwrath dari Order. Crawlers hanya berbahaya kalau digunakan dalam jumlah besar.

Dead
Mereka begitu lambat, begitu bau, begitu bodoh, begitu beracun, begitu kosong...  Zombie-zombie ini lebih tebal daripada Archidon tapi damage dan speed mereka di bawah Archidon.

Komentar gue :
Deads biasanya dipakai dalam jumlah besar. Gue biasanya memakai Magikill kalo jumlah Deads terlalu banyak.

Marrowkai
Penyihir-penyihir yang memakai ilmu gelap. Marrowkai bisa menggunakan spell mereka "Hellfists" untuk menghajar unit di suatu baris dan sebuah spell lain "Reaper" yang membuat Marrowkai memanggil para Reaper (mirip Grim Reaper gitu) untuk memberi damage ke 1 unit dan memaksa unit itu berjalan ke arah markas Chaos. Suram dan seram coy....

Komentar gue :
Unit yang sering buat gue sakit kepala gara-gara kemampuan "Reaper" mereka. Semua unit-unit gue dihabisi satu per satu. Magikill pun kayaknya bukan tandingan mereka. Tapi Shadowrath, Albowtross, Enslaved Giants, dan Archidon udah lumayan bisa menghibur gue.
2 Shadowrath dengan kemampuan Shinobi II hampir bisa membunuh Marrowkai.
Albowtross bisa menyerang dari udara (tapi awas, spell "Hellfist" juga memberi damage ke unit udara).
Enslaved Giants bisa menstun Marrowkai.
Archidon mempunyai range yang lebih jauh untuk menyerang Marrowkai dan bisa berlari lebih cepat daripada Marrowkai.

Medusa
Ratu dari Chaos. Gue masih bersyukur mereka bukan ratu horror atau ratu dangdut....

Komentar gue :
Unit yang paling ditakuti karena bisa mengubah musuh menjadi batu. Hampir semua unit bisa diubah menjadi batu. Para Giants jika terkena tatapan dari Medusa, mereka tidak akan jadi batu tapi mereka akan menerima damage yang sangat brutal dan tidak manusiawi dari tatapan itu.

Bomber
Fanatik dari Chaos Empire. Mereka adalah pasukan bunuh diri yang rela mati (gue gak tau demi apa). Mereka murah, cepat, kecil, dan tipis.

Komentar gue :
Gue yakin mereka gak ada hubunganya sama kejadian "Bom Bali" tapi yang gue tau, para Bombers itu lumayan berbahaya karena dengan kecepatan mereka, mereka bisa mengejar Shadowrath dan ketika mereka meledakan diri, mereka membuat damage AoE (Area of Effect).

Jugger Knight/Dark Knight
Tandingan dari Speartons. Kesatria-kesatria sesat ini benar-benar brutal (terutama terhadap Swordwrath). Hati-hati Sobat Readers. Mereka tidak boleh diremehkan.

Komentar gue :
Gue bener-bener syok ketika gue coba duel 1 lawan 1 antara Spearton dan Dark Knight. Dark Knight bisa mengalahkan Spearton. Tsk, taktik suram gue buat menghadapi Dark Knight? Menang massa...

Eclipsor
Angkatan udara Chaos. Pemanah-pemanah sesat ini benar-benar buat gue pingin masuk ke dalam game terus gue tembak pake Dragunov karena mereka lebih cepat dan harga mereka yang lebih irit 50 Gold dan mana daripada Albowtross.

Komentar gue :
Damage mereka lebih besar dibandingkan dengan Archidon. Mereka lebih cepat daripada Archidon juga. Tapi, range mereka sedikit lebih pendek daripada Archidon (toh, kalo di Multiplayer pasti perbedaan tipis gini gak ada gunanya).

Giant
Raksasa-raksasa yang dengan kemauan mereka sendiri, bergabung dengan gue di pondok di tepi jalan. Eh, maksud gue, mereka bergabung dengan Chaos.

Komentar gue :
Hampir sama dengan Enslaved Giant. Kecuali serangan dari Giants adalah melee. Yaitu, mengayunkan pentungan raksasa mereka dan membanting mayat raksasa (yang lebih kecil). Sayangnya, mereka begitu lambat ketika menyerang.
Saking lambatnya, gue bisa menyuruh semua unit gue berlari ke belakangnya lalu menyerang raksasa bego ini dengan brutal sampai dia mati.


Oke Sobat Readers (masih ada ya?), sekian buat Chaos Empire. Sebenarnya, ada Empire ketiga yaitu; Elemental Empire. Tapi masih dalam development jadi gue enggak bakal menulis Empire itu sekarang.
*****

  Kalo ada yang pingin komen, bertanya, kasih pertanyaan (gue bakal coba sebaik gue buat menjawabnya) silahkan aja. Kalo pengen diskusi, silahkan juga!

Salam Stickman! Ehm... Salam Hangat!

19 komentar:

  1. Apa strategi yang bagus untuk nyelesain level pas ngelawan Marrowkai?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Level Marrowkai memang sedikit susah.
      Beberapa tips di bawah ini MUNGKIN bekerja..

      1)Untuk awal, pancing marrowkai mendekati markas Order dengan memakai 1 swordwrath. begitu Marrowkai mulai menyerang, habisi dia dengan unit yang ada.

      2)Bisa pakai kemampuan "Shinobi II" milik Shadowrath.

      3)Bisa juga en-masse para Albowtross.

      4)Unit ranged seperti Archidons bisa menghajar Marrowkai... Itupun kalau mereka tidak kena spell dari tulang belulang itu

      5)FYI, Marrowkai biasanya akan mengcast "Reaper" pada unit yang paling dekat dengannya

      6)Jangan biarkan mereka mengumpulkan terlalu banyak Marrowkai...

      Itu tips-tips yang Leaper tau. Semoga membantu... Level itu memang susah.

      Hapus
  2. Bagaimana cara main online di stick empires? soalnya gw tiap kali registrasi disuruh ngecek email tapi itu maksudnya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah registrasi, coba cek e-mailnya Sobat Reader yang dipakai untuk registrasi.
      Biasanya nanti ada e-mail masuk dari pihak Stick Empires (lupa namanya siapa).

      Hapus
  3. lu punya bb gak? kalo punya kasih gw pin lu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, gak punya. Seumur hidup belum pernah bertemu dengan yang namanya bb.
      Cuma ada Facebook, Twitter dan G+

      Hapus
    2. ok, facebook sama twitter

      Hapus
    3. Yep. Fb sama Twitter bisa dilihat di tab "Hubungi Leaper"

      Hapus
  4. berapa digit code lu di stick empire? biar gw add jadi friend, terus apa nama usernamenya?

    BalasHapus
  5. mas bro gw di Stick Empire Zigugrats code lupa ane dan MagicSpartan sama lupa codenya ayo kita duel bang gw dari kecil dah maen stick war 1 di games co.id

    BalasHapus
  6. gw Zigugrats code 242

    BalasHapus
  7. Ga bosan baca nya sampai bawah karena admin nya ngelawak terus
    nice info min :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih karena masih bertahan sampai akhir sob. Anda memang luar binas.... maksudnya luar biasa! :D

      Hapus
  8. Min cara agar ga lag main stick empires apa min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue bukan ahlinya sih, tapi biasanya kalau lag itu ada 2 penyebab;

      1) Koneksi internet Sobat lelet
      2) Komputer Sobat yang lelet. Coba set semua quality ke low.

      Hapus