Minggu, 09 November 2014

[B.Jep] Mengetik Hiragana, Katakana dan Kanji di Komputer

  Halo Sobat Readers! Green Leaper di sini dengan postingan paling pertama tentang bahasa Jepang.

  Postingan pertama tentang bahasa Jepang adalah bagaimana cara mengetik Hiragana, Katakana, dan Kanji. Mungkin bahasa Jepang terdengar sangat mengerikan untuk orang-orang yang baru mempelajari bahasa ini. Sama, gue juga berpikiran begitu tetapi setelah gue mempelajari sedikit demi sedikit, gue akhirnya mulai merasa enak dan rasa takut itupun hilang.

Oke, siap? Ayo kita belajar bersama-sama sebelum lampu di rumah gue mati lagi!


**************
Mengetik Hiragana, Katakana, dan Kanji
pada komputer

  Sebelum gue memberi tau bagaimana caranya mengetik, gue akan memberi info singkat & umum tentang hiragana, katakana dan kanji.

Sebenarnya, dalam bahasa Jepang ada hiragana, katakana, kanji, dan romaji (kadang-kadang ditulis roomaji). Semuanya dipakai dalam kehidupan sehari-hari mereka (ya iyalah) kecuali romaji yang pada umumnya dipakai untuk pembelajaran bagi orang asing (seperti kita).

Hiragana dipakai untuk menuliskan kata-kata yang berasal dari bahasa Jepang asli. Bentuknya pun sederhana dan berdasarkan suku kata. Contohnya :

Diambil dari Wikipedia... Dan ini pun belum semuanya!



Katakana dipakai untuk menuliskan kata-kata yang BUKAN berasal dari bahasa Jepang asli. Biasanya sih seperti nama orang asing (seperti kita-kita ini), nama tempat di negara asing, kata-kata asing yang sudah disesuaikan dalam bahasa Jepang (mirip kata serapan mungkin?), dl.


Sekali lagi dari Wikipedia



Kanji adalah huruf-huruf yang berasal dari Cina. Jujur aja, Kanji adalah tantangan terberat bagi orang asing yang mempelajari bahasa Jepang. Gue sendiri belum berani membacanya karena sekarang lagi fokus mendalami Hiragana dan Katakana. Satu-satunya yang gue kenal adalah Hana :


Eh salah... Maksud gue yang ini :

Bunga


Kemudian yang terakhir, ada Roomaji. Apaan tuh? Roomaji adalah huruf biasa yang sedang kalian baca sekarang. Udah tau fungsinya kan? Ya benar! Fungsinya untuk mempermudah (dan memperpanjang umur kita) ketika membaca ketiga penulisan lainnya.
 
Oke, itu sekian untuk pengenalan umum tentang Hiragana, Katakana dan Kanji... erm dan Roomaji. Selanjutnya, gue akan langsung menjelaskan ke kalian bagaimana cara mengetik Hiragana, Katakana, dan Kanji.

************

  Pasti dari kalian ada yang mikir "apakah kita perlu keyboard asli dari Jepang?". Jawabannya; Tidak. Keyboard yang kalian miliki sekarang aja udah lebih dari cukup kok karena pada komputer jaman sekarang rata-rata udah ada IME (Input Method Editor). Gimana caranya kita tau kalau di komputer kita ada IME? Gampang, akan gue jelasin. Gue sendiri menggunakan windows 7 tapi windows 8, vista dan XP bisa aja menyesuaikan diri kan? Noh, menurut gue tampilannya gak beda-beda amat sih...

Sori kalau gambarnya kekecilan. Kalau kebesaran nanti gambarnya malah
offside


Lihat di bagian bawah kanan yang udah gue beri lingkaran warna hijau. Tepat di situ ada IN (untuk Indonesia. EN untuk Inggris-Amerika). Jika ada itu, berarti komputer kalian sudah ada IME.

Sekarang klik kiri pada tulisan IN (atau EN) itu yang berada di languange bar, pasti belum ada tulisan JP (Japanese) kan? Tenang, kita akan buat supaya ada. Klik kanan pada IN di taskbar kalian kemudian klik settings, akan muncul kotak dialog seperti :

Ini

Gue yakin sih kalau saat ini yang Japanese itu belum muncul. Klik tombol add lalu kalian akan berhadapan dengan sebuah kotak dialog (lagi) yang lebih kecil dan berisi daftar bahasa yang diurutkan berdasarkan abjad...


Cari Japanese lalu centang Microsoft IME kemudian klik OK. Sekarang pasti yang Japanese udah muncul seperti di gambar kotak dialog "Text Services and Input Language" lalu klik OK lagi.

Masih hidup? Bagus, karena kita udah ada di tahap terakhir. Klik kiri language bar kalian yang sekarang mungkin masih tetap IN atau EN. Pasti JP sudah muncul. Silahkan klik pada JP. Kalau sudah, tampilannya akan seperti begini :



Nah, dari situ kalian sudah siap mengetik hiragana dan katakana. Kalau mau mengganti metode inputnya, tinggal klik kiri pada input mode aja.


Selesai! Kalian siap mengetik Hiragana, Katakana dan Kanji. Gue akan biarkan kalian untuk bereksperimen dengan penulisan-penulisan tersebut... Terutama kanji. Heheheh.

Ah iya, sebelum ada yang panik. Jika kalian sudah selesai mengetik dalam bahasa Jepang dan ingin kembali mengetik dengan biasa. Cukup klik JP itu lagi dan pilih EN atau IN.

  Oke, sekian postingan kali ini. Jika ada komentar, saran, kritik, pujian dan uneg-uneg kalian. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar